logo kios advertising

On 9:02 AM with No comments

KiosAdvertising.ComTips Memilih Warna Terbaik untuk Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi warna. Dalam memilih warna dasar anda perlu membaca beberapa tulisan berikut ini, minimal untuk mengurangi kesalahan anda dalam penafsiran warna untuk Jenis Usaha Anda. Simaklah dan coba pilih warna apa yang cocok untuk Jenis Usaha Anda
psikologi warna logo

psikologi warna logo

Trik Psikologi Warna pada Desain Logo
Berikut ini jika dilihat dari warna yang dipilih bisa mengandung maksud atau arti sebagai berikut:

1. MERAH
Warna Merah mampu menimbulkan efek passion, semangat, keberanian, juga sensualitas. Merah adalah warna yang paling sering digunakan logo karena memiliki banyak sekali emosi yang menimbulkan intensitas. Merah dapat berfungsi untuk mengintensifkan atau membangkitkan gairah apapun. Satu hal yang tidak diketahui mengenai merah yaitu santai dan tenang. Karena itu pula banyak pusat perbalanjaan memaki logo merah, angka diskon menggunakan warna merah, dan rumah makan memakia logo berwarna merah, bahkan cat interiornya pun merah, dengan tujuan mencari pelanggan potensial yang menginginkan intensitas yang baik.

Secara psikologis pelanggan akan berpikir untuk ingin mencobanya karena warna merah pada logo tersebut menimbulkan keinginan yang sangat besar.

Contohnya adalah ESPN (Entertainment and Sports Programming Network) yang merupakan salah satu tv kabel olah raga pertama di dunia. Warna merah yang digunakan pada logo ESPN tersebut mencerminkan semangat yang penuh energi.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

2.PINK
Warna Merah Muda membawa pesan feminimitas, cinta, dan kelembutan. Saat melihat warna pink pikiran kita akan langsung terbawa kalau warna pink adalah warna wanita, sehingga hal-hal yang terkait dengan wanita juga akan terkait pula pada warna pink, seperti sifat lembut dan cinta. Karena itu banyak perusahaan yang target konsumennya perempuan menggunakan warna pink sebagai warna logonya.

Contohnya adalah logo pada Victoria's Secret yang merupakan sebuah perusahaan ritel di Amerika Serikat yang memasarkan pakaian dalam wanita.

3. KUNING
Warna kuning mampu membawa energy kebahagiaan, suka cita, dan perhatian. Kuning secara alami adalah warna cerah yang mampu menarik perhatian, namun bila dipadukan dengan warna hitam akan menimbulkan kesan serius. Tengoklah warna rambu-rambu lalu lintas, warnanya selalu kuning dipadu dengan hitam agar menarik perhatian pengendara dan itu serius.

Selain itu warna kuning juga mampu menimbulkan sikap ceria, sehingga banyak digunakan untuk memberi warna pada mainan anak-anak.

Kuning mencerminkan karakter intelektual, optimisme, dan keceriaan. Brand Cheerios yang merupakan merek produk serial makanan, memilih warna dasar kuning untuk memberi kesan sarapan pagi yang menyenangkan.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

4. ORANGE
Warna orange bisa bermakna antusiasme, rasa percaya, dan kesenangan. Sebagaimana perpaduan warna merah dan kuning sifat yang dimilika warna orange perpaduan diantara keduanya. Warna orange cocok dipakai untuk logo perusahaan yang berani namun bersifat kesenangan, seperti pemasok mainan, atau hiburan anak-anak.

Logo perusahaan yang memakai warna orange adalah Timberland yang bergerak di bidang fashion, khususnya footwear.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

5. HIJAU
Warna hijau mampu membawa unsur, kesegaran, bersifat alami, dan sehat. Hijau sangat lekat dengan warna daun karenanya warna hijau erat kaitannya dengan mencintai lingkungan dan hal-hal yang bersifat alami. Seperti logo untuk obat herbal, klinik kesehatan, peralatan outdoor banyak menggunakan warna hijau sebagai warna logo mereka, agar mampu menciptakan sifat harmoni dengan alam.

Logo pada Animal Planet yang memakai warna dasar hijau menggambarkan tentang dunia alami.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

6. BIRU
Warna biru membawa sifat tenang, kepercayaan, keseriusan dan keyakinan. Biru adalah warna yang paling terkait dengan bisnis karena membangkitkan rasa keseimbangan serta kecerdasan yang tenang. Seperti warna biru pada air, dengan menggunakan warna biru pada logo anda, anda mendorong pelanggan untuk membaca tujuan perusahaan anda dan keseriusan anda pada bisnis tersebut. Inilah alasan mengapa warna biru cenderung menghiasi logo perusahaan seperti pediatri, terapi, dan layanan serius lainnya.

IBM (International Business Machines Corporation) yang merupakan sebuah perusahaan di industri teknologi software dan hardware tersebut memilih warna biru karena merekfleksikan citra professional. Logo IBM ini dirancang pada tahun 1972 oleh Paul Rand.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

Warna biru juga mampu menimbulkan sikap ketenangan dan kenyamanan karena itu banyak web atau jejaring sosial menggunakan warna biru sebagai logo dan warna latar mereka. Sehingga kita betah berlama-lama melihat web tersebut, juga rumah sakit sering menggunakan warna biru sebagai warna interior mereka. Warna biru juga membawa sifat percaya sehingga banyak lembaga keuangan dan asuransi menggunakan warna biru sebagai warna yang dominan dari logo mereka.

7. UNGU
Mampu menimbulkan kesan bermartabat, serius, berkelas, dan misterius. Tentunya jika anda pikirkan lebih baik, jarang sekali anda melihat warna ungu menghiasi logo-logo perusahaan. Warna ungu pada logo cenderung membangkitkan emosi yang sangat spesifik. Itulah yang membuat warna ini menjadi warna yang menarik bagi semua orang tetapi dengan unik dan berbeda dengan yang lain.

Brand yang cukup mencolok memakai warna ungu adalah Yahoo, sebuah perusahaan di bidang teknologi informasi. Yahoo berharap agar warna ungu yang digunakan mampu memberi kesan perusahaan yang kreatif dan penuh imajinasi.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

8. HITAM
Warna hitam mampu menginterpresentasikan sifat serius, tegas, berduka, dan elegan. Jika anda ingin mendesain logo dan menunjukkan ketegasan anda, cobalah untuk menggunakan sedikit warna hitam pada logo anda. Semakin besar anda ingin memberikan kesan kekuatan perusahaan anda, semakin banyak pula warna hitam yang digunakan dalam logo anda. Contohnya saja Nike. Dengan symbol checklist dan warna yang full hitam, membuat orang-orang yang menggunakan produknya merasa lebih kuat.

Perusahaan teknologi dan media asal Jepang, Sony memilih warna hitam untuk merekfleksikan merek yang kuat, resmi, dan canggih.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi
9. COKLAT
Warna Coklat mampu mendatangkan sifat maskulinitas, kemalasan, dan kenyamanan. Warna cokelat adalah warna yang paling sederhana diantara semua warna. Warna cokelat lebih mencerminkan kea rah maskulin. Yang paling umum digunakan adalah warna cokelat tua yang tampaknya menjadi isolasi yang dapat memberi tahu pelanggan bahwa mereka menawarkan produk yang dapat digunakan untuk mereka nyaman dan dapat bermalas-malasan. Contoh perusahaan yang memiliki warna cokelat dalam logonya merupakan perusahaan-perusahaan peralatan berkemah, berburu, ataupun perusahaan-perusahaan lain yang memungkinkan orang untuk melakukan hal sendiri.

10. PUTIH
Warna Putih melambangkan, kejujuran, kedamaian, dan kepolosan. Tidak banyak yang dapat digunakan jika menggunakan warna putih dalam logo anda. Anda memiliki kelimpahan putih harus dalam bisnis yang mutlak sebagai titik awal. Dengan adanya warna mutlak putih dalam logo anda, anda seolah memberi informasi kepada pelanggan untuk mempertimbangkan produk mereka dan meyakinkan bahwa mereka tidak akan menyesal.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi

11. EMAS
Warna emas bersifat glamour, kaya, dan bergengsi. warna emas memang sangat berkait dengan perhiasan karena itu banyak perusahaan perhiasan atau perumahan elite menggunakan warna emas sebagai warna pada logo mereka.
Tips Memilih Warna Logo Usaha Anda berdasarkan Psikologi
Terimakasih sudah menyempatkan membaca atau sekedar lihat-lihat gambar.

Salam.

Tentang Kami
Kios Advertising Malang - Sebuah usaha yang bergerak dalam bidang periklanan, pembuatan kebutuhan promosi seperti neon box, mengurus perijinan spanduk, baliho, dan persewaan billboard di Malang.
Previous
Next Post »

Terimakasih atas komentar Anda, Kami akan meresponnya segera.